Upacara Memperingati Hari Kartini 2019


Upacara memperingati hari kartini merupakan upacara rutin setiap tahun nya yang dilaksanakan oleh SMKN 1 Cimahi , yang di hadiri oleh seluruh siswa-siswi SMKN 1 Cimahi untuk selalu mengenang jasa pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita yaitu R.A Kartini , Tentu masyarakat Indonesia terutama siswa-siswi SMKN 1 Cimahi sudah kenal dengan potongan lagu yang berbunyi “Wahai ibu kita kartini puteri yang mulia, sungguh besar cita – citanya bagi Indonesia”. Potongan lagu tersebut merupakan lagu persembahan Indonesia untuk kemuliaan dan perjuangan ibu Kartini di era penjajahan.

Beliau merupakan salah satu pahlawan wanita Indonesia yang rela berjuang untuk rakyat Indonesia di masa penjajahan. Beliau adalah wanita terdidik yang memiliki harapan atas kesamaan gender. Di masa itu memang wanita tidak dihargai, tidak boleh mendapatkan pendidikan yang layak hanya tugasnya harus di rumah mengurus suami, anak dan memasak. Kemudian RA Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan bisa sejajar dengan pria lewat sebuah perjuangannya yang menyuarakan kebenaran. Beliau memang wanita cerdas yang pemberani hingga semua yang dilakukan memberi arti yang sangat besar bagi wanita Indonesia sampai saat ini. Berikut Biografi RA Kartini, salah satu pahlawan wanita Indonesia yang patut dikenang sepanjang masa.





Upacara ini dilaksanakan pada tanggal 22 April 2019 , Siswa dan Siswi SMKN 1 Cimahi , mengenakan pakaian yang bertemakan daerah nya masing masing , mayoritas siswa siswi SMKN 1 Cimahi untuk akhwat nya menggunakan kebayan dan untuk ikhwan nya mengenakan pakaian batik bebas , Setelah dilaksanakan nya upacara ini diharapkan siswa dan siswi SMKN 1 Cimahi dapat selalu mengenang jasa pahlawan , Terutama R.A Kartini yang berjuang untuk mendapatkan emansipasi wanita. 
Previous
Next Post »
0 Komentar