Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Asing

Sekertaris bidang 10 adalah sekertaris bidang yang menangani soal pembinaan komunikasi dalam bahasa asing di SMKN 1 Cimahi. Sekbid 10 ini merupakan sekbid bungsu di OSIS SMKN 1 Cimahi. Beranggotakan tiga orang yaitu Muhammad Hafidz Atthoriq (Hafidz) sebagai koordinator sekbid, Fajar Maulana (Fajar) sebagai bendahara, dan Rahma Syifa Armalinda (Oci) sebagai sekertaris.
Anggota sekbid 10 dapat terkumpul karena kesamaan para anggotanya yang menyukai bahasa asing. Hafidz (Inggris), Fajar (Jepang), dan Oci (Korea). Juga kesamaan tujuan mereka dalam visi yang berbunyi “Terciptanya siswa SMK Negeri 1 Cimahi yang mampu dan unggul dalam bidang kebahasaan dengan dilandaskan etika bahasa yang baik dan terstuktur. Mereka bersatu membuat program program kerja demi memajukan ekskul bidang kebahasaan di SMKN 1 Cimahi.
“Bahasa merupakan jantung kehidupan, sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari hari. Dewasa ini, bahasa telah banyak berkembang dan perlu wadah bagi siswa siswi SMKN 1 Cimahi dalam bidang kebahasaan agar bahasa terstruktur dan terarah.” Kata Hafidz.
                Sekbid 10 membawahi ekstrakulikuler bahasa di SMKN 1 Cimahi yaitu Nihongo Kurabu, English Club, dan Korean Club. Sekbid 10 memiliki 9 program kerja yang sudah di sah kan oleh Majelis Permusyawaratan kelas SMKN 1 Cimahi pada sidang program kerja, Februari 2016. Terdiri dari program kerja bulanan dan tahunan. Salah satu program kerja bulanannya adalah mengadakan latihan gabungan ekskul bahasa.
                “Mengapa diadakan latihan gabungan? Supaya terjalin silaturrahmi yang lebih erat antar ekskul bahasa di SMKN 1 Cimahi juga untuk saling belajar, bertukar pengetahuan. Karena semua orang yang belajar bahasa itu satu, apapun bahasanya.” Jelas Oci.
                Selain itu juga sekbid 10 memonitoring latihan latihan ekskul bahasa. Tak lupa juga mengadakan sharing bersama ekskul ekskul bahasa yang dibawahi.
                “Supaya kita tau masalah apa saja yang mereka rasakan selama menjadi pengurus ekstrakulikuler tersebut dan kalau bertukar pikiran, pasti ada solusi dari setiap masalahnya.” Imbuh Fajar.
                Guna meningkatkan lagi minat berbahasa yang baik, sekertaris bidang 10 juga memiliki proker tahunan yaitu “Language Day” dan mengadakan banyak lomba bahasa. Language day adalah hari dimana siswa siswi SMKN 1 Cimahi berbicara bahasa asing selain Bahasa Indonesia yaitu Inggris dan Sunda.
                “Kenapa Bahasa Sunda? Karena, itu adalah bahasa daerah kita. Pada era sekarang ini, remaja sunda lebih bangga memakai bahasa gaul ketimbang bahasa sunda lemes. Jika terus dibiarkan seperti itu, perlahan lahan bahasa ibu kita akan punah. Jangan sampai bahasa sunda hanya cerita bagi anak cucu kita kelak.” Ungkap Oci.
                “Nggak ada ruginya kok kita bisa berbahasa dengan baik dan benar apalagi bahasa asing. Selain kita bisa bergaul dengan orang asing, kita juga nggak ketinggalan zaman. Dunia semakin maju. Kalau ingin menguasai suatu Negara, kuasai dulu bahasanya.” Simpul Hafidz.
Previous
Next Post »
0 Komentar